Rabu, 06 September 2017

Perbedaan Kualitatif Dengan Kuantitatif Dalam Proposal Penelitian

Halo semuanya.. kembali lagi dengan saya di blog ini. Kali ini saya akan memberitahu mengenai perbedaan proposal kualitatif dengan proposal kuantitatif.

Proposal memiliki 2 jenis yaitu proposal kegiatan dan proposal penelitian. Kemudian proposal penelitian memiliki 2 macam metode yaitu kualitatif dan kuantitatif. Dan diantara 2 macam tersebut masing masing memiliki perbedaan yaitu:

1. Metode kualitatif merupakan metode yang dilakukan dengan melakukan sebuah observasi secara langsung atau melakukan wawancara sedangkan metode kuantitatif melakukan sebuah pembuktian dan pengumpulan data dengan melalukan sebuah eksperimen.

2. Metode kualitatif melakukan observasi secara langsung bahkan melakukan sebuah partisipasi kepada objek yang ditelitinya. Sedangkan  metode kuantitatif hanya melakukan observasi secara independen atau bebas.

3. Metode kuantitatif meneliti secara obyektif, dan apa adanya sedangkan metode kualitatif penelitinya melakukan penelitian secara subyektif.

4. Metode kuantitatif memiliki tujuan untuk menguji sebuah teori, dan menemukan hubungan antar variabel sedangkan metode kualitatif memiliki tujuan menemukan sebuah pola dari sebuah hubungan secara interaktif.

5. Metode kualitatif memiliki rancangan yang berkembang, lentur dan umum sedangkan metode kuantitatif memiliki rancangan yang terstruktur, ditentukan dari awal, dan formal.

6. Metode kualitatif memiliki data yang deskriptif, merupakan dokumen pribadi, dan catatan lapangan sedangkan metode kuantitatif memiliki data kuantitatif, merupakan bilangan dan statistik.

7. Hubungan dengan subjek pada metode kualitatif yaitu memberikan sebuah empati, menekan kepercayaan, kesetaraan, dan hubungannya dekat sedangkan metode kuantitatif memiliki jarak, jangkanya pendek dan ada pembatasan.

Yak sekian dulu dari saya semoga dapat bermanfaat dan maafkan jika ada kesalahan. Terima kasih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar