Kamis, 14 September 2017

Pengaruh Dekorasi Kelas Terhadap Kenyamanan Belajar Siswa Siswi kelas XI IPS SMA Kristen Kanaan Jakarta

BAB 1
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

      Dekorasi merupakan suatu hal yang berdampak pada keindahan suatu ruangan. Dekorasi bahkan bisa menjadi sebuah perlengkapan untuk memperindah sebuah ruangan atau seseorang.
      Jika dekorasi terdapat pada kelas maka dekorasi tersebut bisa saja meningkatkan keindahan sebuah kelas. Dekorasi pada kelas biasanya dapat dimulai atau dilakukan pada sebuah perlombaan ataupun suatu acara sekolah.
      Dengan mendekorasi kelas dapat meningkatkan sebuah kekosongan pada kelas. Sebuah dekorasi juga bisa membuat sebuah kelas Terkesan lebih bervariasi.
     Terdapat pada www.bbc.com - dalam satu tahun perkembangan belajar siswa berpengaruh dengan karakteristik Kelas.
     Penelitian harus dilakukan supaya pembaca dapat mengetahui apakah sebuah dekorasi dalam sebuah kelas dapat mengganggu kenyamanan belajar siswa atau tidak. Jika tidak kita teliti dengan seksama maka kita tidak akan tau jika dekorasi ini dapat mempernyaman proses belajar atau tidak.
    Metode yang akan dipakai dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Sedangkan teknik yang akan dipakai adalah teknik angket. Angket adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada penjawab atau responden. Metode ini dilakukan karena dapat mengumpulkan data dengan hemat waktu.

    Sekian dari latar belakang yang dapat saya tuliskan ini, saya ucapkan terima kasih.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah siswa senang jika saat melakukan dekorasi kelas?
2. Apakah siswa merasa terganggu belajarnya jika terdapat dekorasi pada kelasnya?

1.3 Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui perasaan siswa saat melakukan dekorasi kelas.
2. Untuk mengetahui kenyamanan belajar siswa jika terdapat dekorasi pada kelasnya.

1.4 Manfaat Penelitian
1. Agar pembaca dapat mengetahui semangat siswa dalam melakukan dekorasi kelas.
2. Agar pembaca dapat mengetahui hubungan dekorasi kelas terhadap kenyamanan belajar.

BAB 2
Studi Pustaka

2.1 Pengertian Dekorasi
Menurut KBBI, dekorasi adalah setiap bagian dari perlengkapan dekor panggung teater. Hiasan atau perhiasan sementara dari ruangan, gedung, jalan, dan sebagainya.
Menurut Penulis, dekorasi adalah sebuah benda atau hiasan yang dapat membuat indah dan lebih berkesan pada suatu ruangan.

2.2 Pengertian Kelas
Menurut KBBI, kelas adalah ruang tempat belajar di sekolah.
Menurut penulis kelas adalah ruang dimana murid murid memperolah pengetahuan.

2.3 Pengertian indah
Menurut KBBI, Indah adalah dalam keadaan enak dipandang; Cantik; Elok.
Menurut penulis, Indah adalah sebuah keadaan dimana suatu ruang tempat maupun benda memiliki rupa yang dapat membuat enak diliat.

BAB 3
Metode Penelitian

3.1 Jenis Penelitian
Dalam penelitian ini, penulis akan melakukan penelitian secara kuantitatif. Kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan  atau dibuktikan dengan grafik.

3.2 Metode Penelitian
Metode penelitian yang akan penulis pakai yaitu penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif dilakukan dengan mendeskripsi sebuah kejadian atau permasalahan secara sistematis. Dan teknik pengumpulannya adalah angket, yaitu teknik yang digunakan dengan memberikan pertanyaan kepada responden.

3.3 Teknik Pengumpulan Data
Teknik untuk mengumpulkan data penelitian adalah angket tertutup. Angket tertutup adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan atau kuesioner kepada responden dan responden hanya dapat menjawab sesuai dengan pilihan yang tertera dalam kuesioner tersebut. Dan responden akan dipilih dengan cara kuota, yaitu penulis memilih sendiri responden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar