Kamis, 20 Juli 2017

Cornelis de Houtman

Hai semuanya!!! Sekarang saya akan memberikan info mengenai Cornelis de Houtman.

Siapa Cornelis de Houtman? Cornelis de Houtman adalah penjelajah yang berasal dari Belanda dan melakukan penjelajahan dari Eropa menuju Indonesia dan melakukan perdagangan rempah rempah untuk Belanda.

Cornelis de Houtman dilahirkan pada 2 April 1565, Belanda tepatnya di Gouda.

Perjalanan Cornelis de Houtman dimulai setelah para pedagang berlayar dan memastika bahwa wilayah Banten merupakan daerah yang pas untuk mendapatkan rempah rempah.
Perjalanan Cornelis de Houtman ini memiliki banyak masalah yang terjadi di atas kapal, seperti pertengkaran, penyakit, dan pembunuhan. Sempat berhenti di Madagaskar, masalah yang terjadi semakin berlanjut sehingga banyak menyebabkan kematian.

Pada tanggal 27 Juni 1596, Cornelis de Houtman tiba di Banten beserta 249 orang lainnya. Awalnya Cornelis de Houtman di terima oleh masyarakat, namun beberapa kabar mengatakan bahwa ada perlakuan kasar dari awak sehingga Sultan Banten mengusir kapal tersebut.
Kapalnyapun berlanjut menuju utara pantai Jawa dan mencapai madura namun terjadi kekerasan di Madura dan pangeran Madura dibunuh.
Kemudian Kapal tersebut berlayar menuju Bali dan berhasil mendapatkan beberapa merica pada tanggal 26 Februari 1597. Dari 249 awak kapal, hanya ada 87 orang yang selamat kembali menuju Belanda. Cornelis de Houtman tewas saat pelayarannya di Aceh dalam pertempuran yang dipimpin oleh Malahayati.

Sekian dari informasi yang bisa saya berikan, maaf jika ada salah salah kata serta saya ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar