Sabtu, 20 Januari 2018

Perjuangan Seorang Ayah

"Seorang ayah lebih baik dari seratus kepala sekolah"

Begitulah sebuah kutipan yang saya ambil dari seorang penyair dari Inggris yaitu George Herbert Pada abad ke 16. Ayah merupakan seseorang yang selalu mencari nafkah dan banting tulang demi mendapatkan uang untuk anaknya bersekolah supaya dapat membuat anaknya sukses di kemudian hari. Banyak usaha demi usaha yang dilakukan oleh ayah kita supaya dapst menyekolahkan anaknya dan berapa pun itu biayanya pasti dia akan terus berjuang. Ayah juga seoang penopang yang kuat dalam sebuah keluarga, dia merupakan sebuah gambaran pengokoh dalam sebuah rumah.

Mungkin seorang ayah lebih tegas atau lebih galak seperti ayah saya yang sangat tegas jika melakukan sesuatu dan karena terlalu tegas sehingga dia selalu serius dalam melakukan sebuah pekerjaan. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan begitu juga seorang ayah, banyak yang ayahnya terus melakukan kesalahan tapi seorang ayah juga seorang manusia yang tidak sempurna. Kasih sayang seorang ayah mungkin saja tidak lewat perkataan namun kasih sayangnya itu tidaklah berbentuk namun seorang ayah ayah memberikan kasih sayangnya kepada anaknya dengan cara melakukan sebuah perjuangan untuk menafkahi keluarganya. Mungkin ada keluarga yang susah dan hidup berkekurangan namun seorang ayah akan terus berjuang sekeras apapun itu usahanya, walahpun harus menahan lapar, bekerja dari pagi sampai pagi dan tidak beristirahat dan berpura pura tidak lelah di depan anaknya padahal dia sendiri merasa kelelahan.

Pada kutipan di atas yaitu kutipan dari George Herbert yang mengatakan kalau seorang ayah lebih baik daripada seratus kepala sekolah yang mungkin mempunyai sebuah arti bahwa seorang ayah memiliki banyak pendidikan yang dapat membuat seorang anaknya lebih dewasa dan berkembang secara mental dan dengan berkembangnya mental itu terus berjalan seiring waktu bersama sebuah pelajaran atau pengalaman dari ayahnya. Seorang ayah memang seharusnya memberi sebuah teladan yang baik untuk keluarganya karena dalam bahtera rumah tangga seorang ayah itu merupakan seorang nahkoda yang membawa keluarganya ke jalan yang benar. Dan semua usaha tersebut merupakan perjuangan seorang ayah demi keluarganya. Walau seberat apapun usaha dan masalah yang akan dihadapinya apa pun itu seorang ayah akan melewatinya dan menempuhnya dengan tegar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar